7 Jenis Bisnis Yang Cocok Menggunakan Payment Link

Perkembangan dunia digital telah mengubah model bisnis dan juga cara belanja. Dalam bisnis online misalnya, baik penjual maupun pembeli membutuhkan metode pembayaran yang mudah dan aman.

E-commerce berkembang pesat dengan berbagai model bisnis. Bisnis online dengan memanfaatkan teknologi pembayaran digital akan memudahkan pelanggan dan juga pemilik bisnis. Banyak manfaat didapat dari pembayaran digital ini. Metode pembayaran beragam menjadi hal wajib yang harus dimiliki bisnis e-commerce.

Metode pembayaran dalam bisnis online menggunakan teknologi pembayaran secara langsung dengan perbankan, lembaga penerbit keuangan, dan dari perusahaan fintech payment gateway.

Bisnis online atau merchant dapat memanfaatkan teknologi payment link dari payment gateway dengan mudah tanpa integrasi dan coding. Payment link cocok bagi bisnis atau merchant yang tidak memerlukan integrasi teknik.

Metode pembayaran menggunakan payment link dapat digunakan melalui messenger app (WhatsApp, Telegram, Messenger), media sosial (Instagram, Facebook, TikTok) dan website jualan.

Cara kerja payment link sangat sederhana. Kamu dapat membuat payment link melalui dashboard khusus dari payment gateway dan membagikannya ke pelanggan melalui WhatsApp, SMS, e-mail, dan sebagainya, sehingga mereka dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Ada 7 jenis bisnis yang dapat menggunakan layanan pembayaran melalui payment link.

1. UMKM

Digitalisasi UMKM dapat dilakukan dengan mudah dalam memasarkan produk-produk UMKM secara online. UMKM dalam menjual produknya dapat melalui media sosial, pesan singkat, dengan menggunakan payment link sebagai metode pembayaran yang menerima pembayaran pelanggan secara online melalui QRIS, virtual account, OVO, DANA, ShopeePay, SpeedCash dan secara offline melalui jaringan minimarket.

Untuk mendapatkan layanan payment link bagi UMKM, dapat melalui payment gateway Winpay dengan mudah. Manfaat payment link berupa tautan pembayaran yang mudah tanpa integrasi dan coding yang rumit. Semuanya hanya melalui dashboard payment gateway.

2. Online shop atau online retail

Online shop yang menjual produknya melalui e-commerce dapat memanfaatkan payment link agar pelanggan dapat membayarkan melalui metode pembayaran disukai.

Berbagai jenis produk dan layanan dari online shop menggunakan payment link dengan cara dibagikan melalui messenger app (WhatsApp, Telegram, Messenger), email, media sosial (Instagram, Facebook, TikTok) dan website jualan ketika pelanggan akan melakukan pembayaran.

3. Freelancer

Freelancer dari berbagai jenis jasa seperti desainer, content creator, influencer, copywriter, pembuatan website, aplikasi mobile, media sosial, dll dapat memanfaatkan payment link dari payment gateway ini untuk pembayaran oleh pelanggannya.

Dengan tautan pembayaran yang fleksibel, pelanggan dapat membayar dari manapun mereka mau dengan opsi pembayaran yang disukai. Hal ini meningkatkan kepuasan pelanggan dan dapat digunakan untuk membangun basis pelanggan yang loyal.

4. Jualan produk digital

Berbagai jenis produk digital seperti ebook, video tutorial, online training, dll dapat dijual media sosial atau website sederhana. Dalam katalog produk digital sudah dipasang link pembayaran yang dibuat secara khusus untuk masing-masing produk digital melalui dashboard di payment gateway.

5. Webinar dan elearning

Maraknya training online berbasis webinar juga dapat memanfaatkan teknologi payment link ini untuk pembayaran kelas-kelas online dengan mudah bagi pesertanya. Payment link dalam bisnis kelas online dapat dipasang di media sosial, website, atau dikirimkan melalui email dan aplikasi pesan/chat.

6. Bisnis tiket, travel, dan reservasi hotel

Bisnis tiket transportasi, wisata yang berjualan di media sosial atau aplikasi pesan dapat menggunakan layanan payment link. Penjual tiket atau agen travel tinggal mengirimkan tautan pembayaran kepada pembeli melalui aplikasi pesan WhatsApp atau Telegram.

Dengan semakin maraknya pariwisata di Indonesia juga membawa dampak pada pelayanan reservasi hotel. Hotel-hotel dapat menerima pemesanan melalui media sosial dan aplikasi pesan/chat.

Selanjutnya, pihak hotel mengirimkan tautan pembayaran yang telah berisi informasi detil pemesaan dan juga berbagai metode pembayaran beragam untuk kemudahan pelanggan dalam membayar dengan alat pembayaran yang mereka sukai.

Sebagai metode pembayaran, payment link dapat memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis dan fleksibilitas bagi pelanggan. Menggunakan metode ini, transaksi pembayaran nontunai dapat dilakukan hanya melalui tautan atau link yang berisi pembayaran.

7. Donasi digital

Donasi online atau digital ini banyak dipilih masyarakat saat ini karena memudahkan untuk berbagi, sekalipun tidak bertemu penerimanya secara langsung. Donasi digital mempunyai jangkauan yang luas, dan dapat diakses melalui media sosial, aplikasi pesan, dan website.

Donasi digital bisa dibuat menggunakan payment link dari payment gateway yang masing-masingnya sudah berisi nominal donasi.

Para donatur dapat memilih nominal donasi yang dikehendaki dan menggunakan metode pembayaran yang mereka sukai, seperti QRIS, dompet digital, virtual account, dll.

Payment link adalah inovasi dari payment gateway yang dapat meningkatkan bisnis online dengan efektif. Dengan proses yang cepat, mudah, dan aman, kamu selaku pemilik bisnis dan pelanggan masing-masing akan merasa lebih nyaman dalam bertransaksi.

Payment Link Winpay

Teknologi payment link dapat dengan mudah diperoleh melalui fintech payment gateway. Winpay adalah payment gateway yang menyederhakan transaksi pembayaran menjadi semakin mudah. Winpay menyediakan metode pembayaran melalui payment link, halaman checkout menggunakan virtual account, QRIS, dompet digital, kartu kredit, dan jaringan ritel minimarket modern. Payment link di Winpay sebagai solusi pembayaran yang mudah bagi merchant tanpa integrasi yang rumit. Manfaatkan payment link link dari Winpay untuk berbagai jenis bisnis online kamu.